Senin, 06 Desember 2010

Irfan Bachdim Hafal Indonesia Raya Lewat HP


Menyanyikan lagu kebangsaan jadi salah satu indikator nasionalisme.

VIVAnews - Pertanyaan nasionalisme mampir ke Irfan Haarys Bachdim, penyerang anyar tim nasional Indonesia tentang pengetahuan akan identitas tanah airnya.

Salah satu indikator nasionalisme bagi pesepakbola yang membela tim nasional terlihat ketika menyanyikan lagu kebangsaan sebelum bertanding. Nasionalisme Irfan dipertanyakan sebagai pemain 'setengah Indonesia' karena keturunan Belanda. Dan pria 22 tahun kelahiran Amsterdam ini menjawabnya lewat nyanyian Indonesia Raya dengan lantang sebelum laga.

"Berapa lama saya menghafal (Indonesia Raya)? Dua hingga tiga jam. Saya menghafalnya di kamar saya. Kebetulan di handphone saya ada lagu Indonesia Raya," kata Irfan yang melakukan debut bersama Tim Merah Putih di ajang Piala AFF 2010 ini.

Tim nasional Prancis sempat dikritik di Piala Dunia 1996 ketika sebagian besar pemainnya tak bisa menyanyikan lagu kebangsaan La Marseillaise. Maklum, timnas Prancis sebagian besar diisi imigran.

Beruntung, hal itu tak terjadi kepada Irfan. Semoga nasionalisme pemain yang kini menjadi pujaan suporter Indonesia ini semakin tebal.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar