Jumat, 11 Februari 2011

Tips Liburan di Jogja


Malioboro Jogjakarta
Tips Liburan Di Jogja
Beberapa waktu lalu, saya mengajak keluarga untuk liburan Tour Yogyakarta . Kebetulan waktu itu masa libur sekolah. Saya sekeluarga memutuskan untuk berlibur dengan model "Backpacker" supaya dapat menikmati liburan dengan leluasa, ketimbang harus terbatas waktu jika menggunakan Travel Agency Tour Yogyakarta .
Persiapan perjalanan Tour atau Wisata & Tour Wisata  telah dilakukan, kami memutuskan menggunakan Bus Malam Bandung Express dari Bandung, ongkos perjalanannya Rp.90.000 per orang/ kelas eksekutif. Lumayan murah dibandingkan dengan naik kereta api bisnis bahkan eksekutif. Perjalanan memakan waktu 12 jam (kurang lebih). Dengan menggunakan Bus Malam Bandung Express untuk  Tour atau Wisata & Tour Wisata jogja, kita sampai di Kota Jogja, tepatnya di Jl. HOS Cokroaminoto, sebelah utara malioboro.kalau mau, jalan sedikit ke belakang-belakang bangunan sepanjang malioboro, masih ada penginapan yang 100ribuan. atau kalau enak lagi, menurut saya, cari aja di daerah jalan parangtritis, room ratenya masih 100ribuan tapi hotelnya lebih bagus.
Jalan Malioboro
Jadi kesimpulannya, kalian yang akan Tour Yogyakarta & Wisata Yogyakarta  ke kota Gudeg itu harus extra hati-hati. Jangan sampai kebobolan isi dompet dikuras sama orang-orang yang tidak bertanggung jawab itu.
Nah, ini beberapa TIPS yang bisa saya simpulkan:
Mirota Malioboro
  1. Jangan percaya sama rayuan tukang becak yang menyebutkan ongkos muter-muter malioboro-keraton dan sekitarnya cuma 10ribu atau 15ribu. Itu untuk satu orang, dan kalo kita kasinya pas, mereka biasanya langsung ngedumel dengan bahasa yang kita mungkin gak ngerti.
  2. Cari taksi yang bisa dipercaya (waktu itu saya naik PATAGA taksi, kebetulan supirnya bisa dipercaya) atau kalau mau naik taksi, harus hapal jalan terlebih dahulu. Pelajarilah MAP Jogja.
  3. Mau beli batik, harus benar-benar paham tentang batik, kalo tidak, masuk aja ke Mal Malioboro. Biar Aman...
  4. Mau Beli DAGADU Aseli, beli di MAL MALIOBORO, atau ke arah utara TUGU (tanya aja).
  5. Kalo mau beli DAGADU palsunya, jangan mau yang ditawari tukang beca. Beli aja dipinggir emperan toko malioboro. SAMA AJAH.....malah harganya jauh lebih murah.
  6. Harus berani nawar kalo mau beli apapun di sekitar Malioboro dan keraton.
  7. Nah, ada satu toko Paket Tour Yogya  yang sudah memberi harga sepertinya murah (dibandingkan dengan toko-toko disekitarnya atau emperan malioboro sekalipun), Namanya MIROTA Batik. Pusat batik dan seni, tempatnya di jalan malioboro ujung selatan seberang pasar Beringharjo. Di sana sudah cukup lengkap dan murah (menurut saya). Untuk perbandingan, saya belibel pintu rumah dari kuningan gitu, Rp.27.5oo, sedangkan diemperan ditawari 60ribu, ditoko craft di malioboro 40ribu, di Mal Malioboro juga 40ribu.
Sumber berita baca disini