Selasa, 27 September 2011

8 Korban Tewas KM Kirana 9 Tidak Terbakar

SURABAYA - Wakapolda Jatim Brigjen Eddi Sumantri menyebut, delapan orang yang tewas saat tragedi kebakaran KM Kirana 9 milik PT Dharma Lautan Utama (DLU), bukan karena terbakar. Hal itu terlihat dari kondisi korban yang tidak menderita luka bakar.
 
"Delapan orang tidak ada yang mengalami luka bakar. Kemungkinan mereka tewas karena berdesak-desakkan dan kehabisan nafas kondisi asap tebal," kata Brigjen Eddi Sumantri, di lokasi kejadian, Rabu (27/9/2011).
 
Sejuh ini, polisi sudah mengamankan satu unit truk dari dalam kapal yang pertama kali terbakar, beserta sopirnya. Nantinya akan dilakukan pemeriksaan apa penyebab terbakarnya truk tersebut dan apa isi muatan truk.
 
Sedangkan olah TKP belum dilakukan karena petugas masih mengevakuasi mobil dan angkutan dari dalam dek kapal.
 
Sementara itu, ratusan korban selamat masih terlantar di Dermaga Gapura Surya. Mereka adalah penumpang yang hendak menuju Balikpapan. Padahal, kapal tersebut seharusnya berangkat sekira pukul 09.00 WIB.
 
Pantuan okezone di lokasi, ratusan penumpang ini terlihat duduk-duduk di dermaga tersebut. Selain itu, ada beberapa penumpang yang sedang tidur halaman pos polisi Gapura Surya. Saat kapal terbakar sekira pukul 08.00 WIB, para penumpang itu berlari menyelamatkan diri keluar dari kapal.
 
Sementara itu informasi dari Syahbadar Pelabuhan Tanjung Perak, kapal ini tidak melebihi kapasitas. Sebab, manifes penumpang di kapal tersebut tercatat 756 orang. Sedangkan kapasitas kapal mencapai 1.200 penumpang.

(lam)

baca berita lainnya di okezone.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar