Minggu, 09 Oktober 2011

Pemerintah Akan Verifikasi Kawasan Camar Bulan

JAKARTAKementerian Luar Negeri (Kemlu) menanggapi positif temuan komisi I DPR, mengenai klaim Malaysia terhadap kawasan Camar Bulan, Kalimantan Barat.

Juru bicara Kemenlu Michael Tene menyatakan, akan menyampaikan keberantan kepada Pemerintah Malaysia terkait itu. Tapi tentunya, harus dilakukan verifikasi untuk membuktikan apakah benar ada pelanggaran yang dilakukan pemerintah Malaysia.


“Kalau memang ada (pelanggaran), kita tidak akan tinggal diam dong, kita akan sampaikan keberatan kita,” kata Michael Tene saat dihubungi okezone, Minggu (9/10/2011).
Tanjung Datu atau Mas Gading di Kalimantan Barat
Verifikasi untuk membuktikan, apakah pergeseran patok ini murni pelanggaran Malaysia atau kerjaan oknum, dengan tetap mengedepankan kepentingan nasional, dan prinsip-prinsip laut internasional.

Micheal menjelaskan, selama ini koordinasi antar kedua negara berjalan baik. Pembahasan masalah perbatasan rutin dilakukan. Hanya saja, hingga saat ini, baik pemerintah Indonesia dengan Malaysia belum menemukan titik temu soal wilayah perbatasan di Tanjung Datu, Kalimantan Barat.

Khususnya, di batas wilayah laut dan batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE), baik Indonesia dan Malaysia belum ada titik temu. “Baru batas darat yang sudah disepakati, untuk wilayah laut dan wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) masih dalam perundingan, belum ada kesempakatan RI-Malaysia,”

Baru kemungkinan akan diadakan pertemuan lagi pada 16-18 Oktober mendatang.


(amr)

Baca berita lainnya di  http://news.okezone.com

1 komentar:

  1. Udah jadi Taman Nasional Malaysia tuh....

    Lihat di http://www.gomalaysia.net/national-parks/tanjung-datu-national-park-sarawak

    BalasHapus