Sabtu, 26 November 2011

Jembatan Kutai Kartanegara Runtuh

Jembatan Kutai Kartanegara sepanjang sekitar 720 meter di Kabupaten Kutai Kartanegara yang melintasi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, Sabtu sore, runtuh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sejumlah orang dan kendaraan yang melintas saat jembatan itu runtuh, namun hingga saat ini belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Jembatan Kutai Kartanegara adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter dari total panjang jembatan sekitar 710 meter.

Seluruh badan jalan Jembatan Kutai Kartanegara yang menghubungkan Kota Samarinda dan Tenggarong di Kabupaten Kutai Kartanegara sepanjang sekitar 710 meter ambruk Sabtu sekitar pukul 16.30 Wita. Suara gemuruh jembatan runtuh itu terdengar hingga beberapa kilometer.
Menurut keterangan sejumlah warga, saat badan jembatan runtuh, suasana lalu lintas cukup ramai namun belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saat runtuh, lalu lintas di jembatan itu sedang diberlakukan satu jalur karena jalur yang satu sedang dalam perbaikan.
Dari sisi Kota Samarinda, terlihat beberapa kendaraan masih menyangkut di kerangka besi jembatan yang runtuh.
Hingga berita ini diturunkan Tim SAR dibantu aparat kepolisian, instansi terkait serta warga setempat sedang melakukan pencarian dan evakuasi terhadap kemungkinan adanya korban.
Sementara itu, ribuan warga terlihat memadati kedua sisi jembatan untuk sekardar melihat kondisi jembatan yang runtuh.
Jembatan tersebut merupakan sarana penghubung antara kecamatan Tenggarong Seberang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan itu dibangun menyerupai bentuk Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar