Rabu, 22 Februari 2012

Tips Wisata di Raja Ampat

KOMPAS.com - Kendala paling umum saat wisata ke Raja Ampat adalah masalah akomodasi dan transportasi. Nah, siapkan bujet Anda dan simak tips berikut jika Anda berminat wisata ke Raja Ampat.
Akomodasi. Saat ini di Saonek Monde sedang dibangun tiga resor di Pulau Nyandebabo yaitu Batbitiem, Waiwo, dan Waigeo Selatan. Selama belum selesai dibangun, Anda dapat  tinggal di beberapa tempat berikut ini. 

Pertama adalah Sorido Bay Resort yang terkenal dengan terumbu karangnya. Lalu ada Kri Eco Resort, resor tradisional yang dibangun di atas air. Pilihan lain adalah perkemahan di pulau atau rumah perahu yang banyak disediakan biro perjalanan wisata.
Meskipun Raja Ampat tidak sangat ramai tetapi sudah ada hotel dan rumah sewaan di Saonek, Mansuar, dan pulau-pulau Yenwaupnor.



Transportasi. Jika Anda terbang dari Jakarta maka akan memakan waktu 6 jam penerbangan ke Sorong dan berhenti di Manado. Anda dapat pula mengikuti tur menyelam di Bali dan terbang dari sana.
Sorong seperti layaknya kota besar lainnya. Anda bisa mendapatkan hampir segalanya di sini. Meskipun dengan harga yang lebih mahal karena letaknya yang terpencil.
Biasanya hanya wisatawan yang membeli paket dari biro perjalanan wisatawan adalah para penikmat wisata bahari di Raja Ampat. Anda tidak perlu mahir menyelam untuk mengikuti tur menyelam ini, karena agen perjalanan wisata menyediakan tur bagi penyelam yang bukan penyelam profesional atau terlatih.
Terbang dari Jakarta atau Bali ke Sorong disambung dengan penerbangan di Makasar atau Manado disediakan oleh beberapa maskapai nasional maupun asing. Ada 8 maskapai yang membuka jalur penerbangan tersebut.
Berkeliling. Biasanya penyelam akan bergabung dengan tur wisata dan tinggal di resor penyelam selama mengunjungi Pulau Raja Ampat. Untuk mengakses tempat-tempat penyelaman maka Anda dapat menghubungi biro perjalanan wisata yang dapat ditemukan di Sorong.
Beberapa biro perjalanan wisata juga menawarkan pilihan tur dari atas perahu seperti tur dari atas perahu mengelilingi Raja Ampat atau menyelam di Raja Ampat.
Dari Sorong, ada dua jenis perahu yaitu speed boat dan perahu panjang. Menggunakan speed boat dapat mengangkut 15 penumpang dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit, harga ongkosnya 2 juta rupiah.
Sementara dengan perahu panjang mengangkut 10 penumpang dengan waktu tempuh 2-3 jam, harga ongkosnya 1,2 juta rupiah. Perlu Anda ketahui bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.
Anda dapat menyewa perahu kecil jika ingin menjelajahi kepulauan ini lebih bebas. Pulau-pulau di Raja Ampat memiliki 4 pulau utama yang bergunung-gunung dan ratusan pulau kecil di sekitarnya yang dapat Anda jelajahi.
Selain itu, wilayah ini juga memiliki banyak karang yang merupakan fenomena alam yang indah. Terdapat beragam fauna unik seperti cenderawasih botak, cenderawasih merah, maleo waigeo, kus-kus.
Untuk jenis flora maka Anda dapat melihat anggrek, palem, dan masih banyak yang lainnya. Cobalah lakukan aktivitas trekking mengelilingi pulau untuk menemukan keindahan yang tersembunyi seperti air terjun dan gua kuno.


Kuliner. Makanan disediakan oleh operator diving, mulai dari menu internasional sampai makanan tradisional yang dibuat langsung oleh masyarakat setempat.
Biasanya tersedia berbagai macam hidangan laut. Cobalah Anda cicipi sup ikan kuning yang merupakan makanan khas pulau ini.
Berbelanja. Banyak penyelam mengatakan bahwa oleh-oleh terbaik dari Raja Ampat adalah cerita pengalaman Anda saat mengunjungi Raja Ampat. Tentunya hal ini dengan menunjukan tangkapan foto yang bagus.
Namun, suvenir yang bisa Anda beli untuk oleh-oleh adalah patung suku asmat, kain tradisional, suling, dan tambur atau drum tradisional. Barang-barang tersebut biasanya dijual di toko suvenir di berbagai kota di Papua.
Hal ini akan meringankan beban Anda untuk tidak membawa terlalu banyak oleh-oleh dari Raja Ampat. Anda juga dapat membeli kerajinan anyaman di Arborek jika kebetulan mengunjungi Desa di Raja Ampat.
Waktu Terbaik. Bulan Oktober atau November adalah saat yang tepat untuk mengunjungi Raja Ampat karena lautnya tenang dan sempurna untuk tangkapan kamera Anda.
Perlengkapan. Bawalah kamera bawah laut. Gunakan keterampilan fotografi bawah laut Anda karena mengambil foto di bawah laut tidaklah mudah tetapi juga sebuah penyesalan apabila dilewatkan.
Selain itu bawa pula sunblock, sunscreen, topi, dan kaos yang nyaman untuk cuaca pantai. Sebaiknya siapkan pula obat nyamuk dan obat anti malaria. (ANGKE/HIM)

Sumber artikel kompas.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar